Gunung Awu

 
Gunung ini terletak di sebelah utara dari Pulau Sangihe Besar dan dikelilingi lereng yang cukup landai.

Untuk mencapai puncak gunung ini pada umumnya pendakian dilakukan atau dimulai dari Kampung Anggis di pantai selatan, sejauh kurang lebih 7 km dari kawah. Perjalanannya adalah diantara S.Muande dan S. Maelebuhe dan pada awalnya pendakian dilakukan dengan melalui perkebunan kelapa hingga titik triangulasi 350 meter. Kemudian pendakian akan menemui Dusun Kanaka dan setelah itu menuju Panise dan berakhir di Panto Unema.

Perjalanan setelah Panto Unema agak lebih berat  karena pendakian melalui punggung utara ini akan melalui jurang Muade dan Malebuhe yang pertama kali dilalui oleh Kusumadinata pada tahun 1968. Hingga garis ketinggian 500 meter masih dijumpai perkebunan rakyat, setelah itu perjalanan akan melewati daerah dengan tumbuhan panda dan akan semakin jarang ketika perjalanan semakin ke atas. 

Perjalanan selanjutnya akan mencapai Nena Masane dan diteruskan sampai mencapai daerah Nena Marangge. Di daerah ini dahulu terdapat pos peristirahatan tetapi sekarang pos tersebut sudah tidak ada lagi. Dan di tempat ini pernah terjadi musibah ketika dua orang pengamat gunung berapi menemui ajalnya. Dan setelah tempat ini pendakian yang sesungguhnya dimulai.  Setelah mendaki selama 3 jam atau setinggi 300 meter akan dicapai daerah lava keras dan pendakian akan menjadi lebih mudah.

  Di Bowondego atau di jalan Tahuna terdapat pos pengamatan gunung berapi tetapi pendakian yang dimulai dari sini sangat jarang dilakukan.   

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP