Gunung Penanggungan


Gunung Penanggungan (1653 mdpl) merupakan salah satu gunung yang terletak di perbatasan Mojokerto - Pasuruan. Panorama gunung yang indah, dengan lereng-lereng yang nampak hijau serta diselimuti kabut merupakan pemandangan yang akan kita saksikan jika kita melintasi jalan Surabaya-Malang. Kawasan hutan Gunung Penanggungan berada dalam daerah perlindungan KPH Pasuruan.

Sebelum melakukan pendakian lebih baik anda periksa semua perlengkapan dan logistik yang akan anda bawa terutama air karena G. Penanggungan terkenal gersang dan tidak ada sumber air. Gunung ini sepintas memang terlihat tidak begitu tinggi tapi  jangan pernah meremehkannya. Lama pendakian total 4 jam dalam kondisi santai, awal pendakian anda akan melintasi jalan berbatu atau makadam dan melewati perkebunan warga setempat, kemudaian anda akan menemui percabangan kecil disitu ada batu dan pohon yang terdapat anak panah lurus ke atas.

Jalur pendakian setelah ini tinggal anda ikuti jalan setapak yang ada, sekedar mengetahui apakah jalur anda benar coba cek bila anda berada di punggungan dan agak jauh di kiri kanan Anda ada bukit berarti jalan Anda benar. Setelah sekitar 2 jam perjalanan medan agak terjal dan melewati hutan kecil kemudian anda akan sampai di pelataran ombo, di sana anda dapat melihat jelas jalur pendakian ke puncak.

Anda bisa beristirahat dulu di pelataran ombo sebelum melanjutkan perjalanan kembali, lokasinya nyaman karena jalur setelah ini akan lebih menanjak dan berbatu, banyak jalan setapak yang hilang jadi anda harus lebih berhati-hati mulai dari sini. Perjalanan kurang lebih 1.5 jam untuk mencapai puncak dan tetap berhati-hati dalam memperhatikan jalan setapak, jalur ini menuju tepat di bawah gua yang berada 30 menit sebelum puncak. 
 
Di puncak, anda tidak usah khawatir masalah lokasi  camp, karena puncaknya sangat luas yang terdiri dari rerumputan dan alang-alang, di sini juga terdapat gua yang orang bilang tembusan dari gua yang berada di bawah tadi. untuk masalah suasana anda tidak usah khawatir karena alam selalu menyediakan sesuatu yang terbaik dan pasti indah, dari perjalanan yang bisa di bilang berat akan terbayar di puncak dengan panorama yang menakjubkan. 

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP