Lembah Ramma


Secara administratif  Lembah  Ramma masuk dalam kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Umumnya untuk menuju ke Lembah Ramma perjalanan di mulai dari Kaki gunung Bawakaraeng,  yaitu tepatnya di Desa Lembanna . Awalnya perjalanan ditempuh dengan melewati perkebunan masyarakat setempat dan  mengikuti arah jalur pendakian Gunung Bawakaraeng hingga di Pos Pertama pendakian Gunung  tersebut, dimana terdapat jalur yang bercabang. Dari situ perjalanan dilanjutkan dengan menempuh jalur kanan memasuki medan yang cukup landai dan melewati beberapa sungai kecil, jadi tidak perlu cemas untuk kekurangan air dalam perjalanan ini. Setelah beberapa anak sungai terlewati, medan mulai menanjak, tapi tidak tergolong ekstrim dan masih banyak jalur landai setelahnya.

Dalam perjalanan sebelum turun ke lembah, dari Puncak Talung mata akan disuguhi oleh keelokan hijau lembah dan lekukan sungai-sungai kecil yang ada di dalamnya, juga tidak ketinggalan kabut-kabut putih yang ikut menghiasi pesona lembah tersebut. sungguh sangat sempurna.   
Jika sesampai di Lembah Ramma, suasana damai akan begitu terasa dengan iringan air yang tak pernah diam. Bukan hanya itu, tubuh akan dimanjakan oleh dinginnya hembusan angin yang sangat pantas untuk menemani segelas kopi sambil menikmati lelah yang telah terbayar.   ("Hamka")

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP