Wisata Sungai Bengawan Solo

Bengawan solo adalah nama sungai terpanjang di pulau jawa. Sungai ini memiliki panjang sekitar 548,53 km dan melintasi dua propinsi yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Daerah yang dilewati sungai tersebut diantaranya adalah Wonogiri, Pacitan, Sukoharjo, Klaten, Solo, Sragen, Ngawi, Blora, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, dan bermuara di daerah Gresik.

Sungai yang merupakan sumber kehidupan masyarakat sekitar ini keberadaannya cukup terkenal berkat diciptakannya sebuah lagu dengan judul “Bengawan Solo” buah karya Gesang (salah satu pencipta lagu ternama di Indonesia).

Keindahan pemandangan alam di tepian sungai ini merupakan daya tarik bagi wisatawan untuk menyusurinya. Wisatawan yang berkunjung ke sungai ini dapat menikmati indahnya pemandangan sungai dengan menyewa perahu.

Selain melihat pemandangan wisatawan juga dapat melihat bangkai kapal kuno yang tenggelam sekitar tiga ratus tahun yang lalu, tepatnya di Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro. Kapal dengan panjang sekitar 40 meter dan lebar 8 meter itu konon merupakan milik saudagar Cina yang tenggelam ketika hendak berlayar menuju Ngawi.

Di area wisata sungai Bengawan Solo ini juga terdapat beberapa fasilitas diantaranya persewaan peralatan pancing jika yang ingin memancing, taman bermain, wahana mainan anak-anak dan pada hari libur kadang ada pertunjukan panggung hiburan. Jika lapar ada juga beberapa kios makanan disini. Dan bagi wisatawan yang ingin bermalam menikmati sungai Bengawan Solo di malam hari, tersedia berbagai hotel di sekitar obyek wisata ini.

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP