Air Terjun Aling-Aling


Air terjun Aling-aling adalah salah satu dari sekian banyak air terjun yang tersebar di sepanjang perbukitan kabupaten buleleng-bali. 

Letak air terjun ini di sebelah barat daya kota Singaraja, di Kecamatan Sukasada. jarak tempuh dari singaraja dengan mengendarai kendaraan bermotor kurang lebih 10-15 menit, cukup dekat kan?..sesampai disana, kita harus berjalan kaki mengikuti jalan setapak berupa tangga menuruni tebing selama 15 menit, sampai di sungai kemudian berjalan melawan arus sungai kecil untuk melihat air terjun pertama. jangan lupa membawa pakaian ganti dan kantung plastik untuk barang-barang seperti handphone, dompet dan kamera, sebab jika ingin langsung berada di depan air terjun pertama kita harus menyebrangi sungai dengan kedalaman 100-150 cm dengan kata lain harus berbasah-basahan. 

Di air terjun pertama terdapat semacam kolam alami berdiameter kira-kira 10 meter. disana kita bisa berenang namun hati-hati, sebab air yang cukup dingin bisa membuat badan anda kram. kedalamannya kurang lebih mencapai 4 m.

jika sudah puas dengan air terjun pertama, langsung saja berbalik arah mengikuti arus sungai menuju air terjun kedua. jaraknya kira-kira 500 meter di utara air terjun pertama. di sana juga ada kolam alami, tentunya sangat nyaman untuk berenang. Selain itu karena memiliki tempat yang cukup luas tepat rasanya untuk bersantai sambil membuka perbekalan. 



Dari air terjun kedua, mengikuti arah aliran air terdapat air terjun ketiga. kita dengan mudah bisa melihatnya dari air terjun kedua karena jarak yang cukup dekat, kurang lebih 20 m untuk mencapai kepala air terjun. dibawahnya ada pula air terjun keempat, namun untuk mencapainya harus berjalan melipir di tebing bagian timur dengan jalan yang cukup sempit dan sulit dilalui. nah..bagaimana? ingin mencoba?    ("Dombling")

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP