Susur Gua di Gua Pindul, Yogyakarta


Gua Pindul adalah sebuah Gua didaerah Gunung Kidul, Yogyakarta, tepatnya di daerah Dusun Gelaran I, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Gua ini sendiri sebanarnya adalah merupakan salah satu dari beberapa gua di daerah Gunung Kidul yang dialiri oleh aliran sungai dibawah tanah. Dengan karakteristik perbukitan kapurnya, Gunung Kidul banyak menawarkan banyak sekali keindahan alam, seperti Gua Seropan, Kalisuci dan yang baru adalah cavetubing di Gua Pindul ini.
Gua Pindul ini sendiri mempunyai panjang total 300 meter, lebar rata-rata 5 sampai 6 meter, dengan kedalaman air 5,5 meter dan tinggi gua 4,5 meter ( dari permukaanair ). Hal yang sangat menarik dari Gua Pindul ini sendiri adalah tipe karakteristik aliran air didalam gua yang cukup tenang, sehingga ketika kita melakukan penyusuran, tidak diperlukan ketrampilan yang hebat untuk menyusurinya dan juga tempat ini cocok untuk segala usia.

Nama Gua Pindul berasal dari sebuah kisah dimana ada seorang pemuda yang bernama Joko Singlulung mencari ayahnya yang hilang, dengan menyusuri banyak hutan dan gua, tiba-tiba dia terantuk kepalanya di salah satu batu di gua ini, gua dimana dia terantuk inilah akhirnya dinamakan Gua Pindul. 

Saat anda melakukan susur gua di Gua Pindul ini, anda akan menemukan sebuah stalaktit yang sudah menyatu dengan stalakmit sehingga tampak seperti sebuah pilar dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa, kilauan stalakmit dan stalagmit yang berwarna putih kristal di berbagai sudut di gua inilah yang akan membuat anda terpesona oleh keindahan Gua Pindul ini.


Ditengah Gua, ada sebuah ruangan yang agak besar, dengan lubang diatasnya, sinar matahari yang masuk melalui lubang ini membuat suasana semakin indah. Lubang diatas gua inilah dimana seringkali  digunakan sebagai jalan masuk vertikal oleh anggota TIM SAR atau yang hendak melakukan latihan.



Bagi para wisatawan yang hendak melakukan susur gua disini dan sudah membawa perlengkapan sendiri, seperti baju pelampung, ban karet dan lain sebagainya, dapat langsung masuk secara gratis di tempat ini, akan tetapi jika anda tidak membawa persiapan dari rumah, maka anda cukup membayar Rp. 50.000,- dengan fasilitas pemandu, snack ala desa, makan dan peralatan.

Sebuah tempat wisata yang menarik dikunjungi bukan.  ("Adam")

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP