Sungai Mamberamo


Hidrologi Kabupaten Mamberamo Raya banyak dipengaruhi oleh kondisi bentang lahan, curah hujan, dan sungai-sungai yang banyak mengalir, terutama yang paling besar adalah Sungai Mamberamo. Sungai ini yang banyak berpengaruh terhadap aktivitas dan kehidupan penduduk disekitarnya selain sumberdaya air lainnya seperti Danau Rombebai (13.749 ha) dan Danau Bira (8.350 ha) yang terletak di sekitar aliran Sungai Mamberamo. Selain pencarian ikan, perburuan buaya juga dilakukan penduduk setempat untuk dijual kepada pengusaha dari luar daerah.  Dua spesies buaya yang terdapat di sungai ini adalah buaya muara (crocodile porossus) dan buaya darat (crocodile novaquinea).

Sungai Mamberamo seperti disebut di depan secara keseluruhan mempunyai panjang 870 km. Arus Sungai Mamberamo cukup tenang pada bagian tepinya namun sangat kuat di bagian tengahnya (dapat mencapai kecepatan aliran 450 km/jam). Sungai ini meskipun alirannya besar namun dapat diarungi dengan perahu bermotor berbobot 30 ton, mulai dari muara (Tanjung D Urville) hingga 200 km ke arah hulu dan melewati beberapa arum jeram (rapids), salah satu  yang paling dikenal adalah Batavia Rapids (CI, 2006; Murdiyarso dan Kurnianto, 2008). Di beberapa tempat terdapat fenomena arus berputar yang sangat berbahaya dan menurut catatan telah terjadi beberapa kecelakaan perahu yang merenggut nyawa manusia karena perahu terjebak arus dan akhirnya tenggelam.
 
Nama "Mamberamo" konon berasal dari bahasa Dani - mambe berarti "besar" dan ramo berarti "air". Suku Dani dan beberapa suku terasing lainnya bermukim di lembah sungai ini yang kaya akan keanekaragaman hayati ini. Jika dilihat dari udara, Sungai Mamberamo mudah dikenal karena ukurannya yang besar, berwarna coklat, banyak mempunyai kelokan (meander) serta danau tapal kuda (oxbow lake) sebagai hasil perpindahan alur sungai. Kedalaman sungai bisa mencapai lebih dari 10 m dan debit airnya mampu mencapai 5.500 m³/detik. Berkat besarnya debit ini, Pemerintah Indonesia pernah berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di daerah ini. ("mamberamorayakab")

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP