Khasiat Sayuran Untuk Penggiat ALam Bebas



Sayur merupakan sumber vitamin dan mineral. Serat pada sayuran   dibutuhkan untuk kelancaran pembuangan hasil ekskresi seperti pembuangan feses.  Pembuangan yang tidak lancar mengakibatkan kotoran transit lama dalam usus dan membuka risiko  penimbunan racun. 

Mengkonsumsi sayur diperlukan tubuh saat menjalani aktivitas alam bebas, karena makanan yang dubutuhkan pada kondisi tersebut adalah makanan penghasil tenaga. Namun dalam kondisi tertentu kadang menjadi kendala untuk menyiapkan makanan bergizi tersebut, sehingga akan berdampak pada proses metabolisme tubuh yang kurang sempurna. 

Tak hanya kurang mengkonsumsi sayur, kebiasaan menyantap mie instan secara berlebihan juga mempengaruhi kondisi tubuh di saat-saat banyaknya energi yang dikeluarkan dalam melakukan kegiatan alam bebas seperti pendakian gunung. Beberapa dokter menyarankan apabila mengkonsumsi mie instan sebaiknya dicampur dengan bahan tambahan lain, seperti sayur dan telur sebagai pelengkap kandungan gizi.

Tidak ada salahnya kita belajar dari salah satu bintang cartoon klasik “POPEYE The Sailor Man” yang selalu mengandalkan salah satu makanan alami, yakni sayur bayam sebagai sumber kekuatannya. Namun itu bukan “mitos”, karena sayur bayam adalah salah satu sayuran yang memiliki zat besi yang sangat tinggi. Selain itu, sayur bayam juga memiliki kandungan mineral, vitamin, nitrat, protein, dan serat pangan. 

Selain  sayur bayam, masih banyak jenis sayuran lainnya yang secara alami  mampu membantu memulihkan stamina yang sedang menurun dan menjaga daya tahan tubuh. Perlu diperhatikan sebaiknya setiap melakukan kegiatan outdoor upayakan membawa beberapa jenis sayuran  sebagai sumber energi yang dibutuhkan dan penyeimbang ketahanan tubuh. Perjalanan tidak mungkin ternikmati dengan baik apabila kondisi tubuh terganggu/tidak stabil.  ("Hamka")

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP