Air Terjun Parangloe



Air Terjun Parangloe biasa juga disebut sebagai Air Terjun Bantimurung2, hal ini dikarenakan bukan karena letaknya berada di Kawasan Taman Nasional Bantimurung, tapi sebelum Air Terjun Parangloe diekspose, Air Terjun Bantimurung sudah lama dikenal dan menjadi tempat wisata air terjun favorit bagi masyarakat Kota Makassar dan Sekitarnya. Namun  Air Terjun  Parangloe tidak kalah elok dengan Air Terjun Bantimurung, bahkan sebagian besar wisatawan lokal yang telah berkunjung ke sana menyatakan bahwa air terjun ini adalah yang tercantik di Sulawesi Selatan.

Untuk akses menuju air terjun ini, dapat ditempuh tidak lebih dari 2 jam dari Kota Makassar, yaitu dengan mengikuti jalan poros Makassar – Malino. Di km 41 tapatnya di Kecamatan Parangloe (Kab. Gowa), belokkan kendaraan ke kiri masuk ke kompleks Kantor  Kehutanan Parangloe. Di area terebut perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan jarak tempuh tidak lebih dari 2 km dengan waktu sekitar 30 menit. Jalur menuju lokasi ini masih tanah, berbatu, dan medan turun-naik sehingga sulit ditempuh oleh kendaraan biasa, kecuali kendaraan offroad.


Wilayah di sekitar Air Terjun Paranloe di dominasi oleh hutan produksi dan persawahan. Sumber keindahan Air Terjun berasal dari sebuah sungai dangkal yang memiliki lebar 15 s.d 20 meter sehingga menghasilkan debit air yang cukup deras. Untuk mencapai ke pinggir sungai untuk menikmati Air Terjun ini, kita harus melewati jalan yang cukup terjal dengan sudut kemiringan 30 s.d 45 derajat dan melewati rimbunan ilalang. Air Terjunnya sendiri terdiri dari 2 Juram. Juram pertama di tandai dengan adanya sebuah pohon yang tumbuh di atas batu dan berada di tengah-tengah aliran air dan Juram kedua tepat berada dibawah juram pertama.   (Igha SinLamBa)

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP