Jeram Citarum, Bentuk Keindahan Menantang

Di Sungai ini, tepatnya para jeram yang terdapat di hilir PLTA Saguling adalah lokasi awal mulanya kegiatan Arum Jeram yang dilaksanakan di Indonesia. Kerjuaraan Nasional arung jeram juga sering dilaksanakan di sungai ini, karena memiliki karakteristik berbeda dibandingkan dengan sungai lainnya yang kerap dijadikan ajang arung jeram. Tingkat kesulitan jeram bergantung pada level air buangan dari kolam penampungan milik PLTA Saguling. Pengarungan akan lebih menantang jika bersamaan dengan dibukanya pintu air.

Terdapat sedikitnya tiga titik jeram dengan kesulitan cukup tinggi. Akan tetapi, lebarnya Sungai Citarum membuat pengarung jeram memiliki banyak pilihan jalur. Namun demikian, karena daerah pengarungan berada di wilayah hilir maka debit air sangatlah deras dan perlu diwaspadai untuk keselamatan.Mengambil start beberapa ratus meter dari Sanghyangti-koro, Kab. Bandung Barat, pengarungan akan berlangsung sekitar tiga jam. Pengarungan berakhir di bawah jembatan lama Rajamandala, Kab. Cianjur. Sungai Citarum memang membelah dua wilayah administratif itu.

Di sekeliling garis start terdapat bukit-bukit kapur yang menjulang. Panorama indah selama perjalanan adalah bonus ekstra dari pengarungan tersebut.Wisata arung jeram di Sungai Citarum ini dapat menjadi satu paket dari wisata lainnya, termasuk wisata gua dan Bandung purba. Letaknya yang tak terlalu jauh dari sejumlah situs purba itu, membuat arung jeram Sungai Citarum memiliki potensi yang sangat baik untuk terus dikembangkan.

Meskipun demikian, terdapat beberapa kelemahan yang membedakan pengarungan jeram di Citarum dibandingkan dengan sungai-sungai lainnya. Meskipun jeramnya cukup menantang, tetapi tergolong minim dibandingkan dengan tempat pengarungan lainnya. Terlalu banyak arus flat tanpa jeram. Akan tetapi, pengarungan di perjalanan ini cocok bagi pengarung pemula.

Mungkin juga akan lebih menantang saat menjelang musim kemarau, saat debit air tak terlalu tinggi, tetapi juga tak terlalu surut.Satu hal penting yang dapat ditarik adalah pengarungan Sungai Citarum akan membe-lalakkan kita tentang perlunya menjaga kualitas lingkungan untuk kepentingan manusia sendiri. (bataviase)

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP