Sungai Cisadane


Sungai Cisadane terletak di Provinsi Banten dan Jawa Barat dengan panjang yang dimilikinya yakni sekitar 80 km.  Peohonan di sekitarnya memperindah sungai ini, sehingga  suasana kealamiannya sangat cocok untuk bagi wisatawan yang ingin mnikmati alam. Sungai dan serkitarnya. Di sepanjang tepian sungai ini bebatuan yang unik, taman untuk bersantai, bendungan peninggalan Belanda, dan perumahan penduduk yang berjajar rapi. Selain itu, sungai ini juga dapat dijadikan sebagai tempat olah raga arung jeram.

Fluktuasi aliran Sungai Cisadane ini juga sangat bergantung pada curah hujan di daerah tangkapannya. Fungsi sungai Cisadane pada saat ini adalah untuk memenuhi kebutuhan air untuk air minum, industry, dan juga irigasi.

Di Sungai ini setiap tahun diselenggarakan festival Cisadane, yaitu pada bulan Juni. Dalam festival ini, pengunjung dapat melihat aneka hiburan dan perlombaan, seperti lomba kole-kole, lomba perahu naga, pentas hiburan dangdut, pertunjukan wayang kulit, dan lain-lain. Di sungai ini juga terdapat tradisi tahunan lainnya, yaitu mandi keramas massal yang dilaksanakan dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Akses Transportasi untuk ke sungai Cisadane, perjalanan dapat dimulai dari Stasiun Bogor dan Terminal Merdeka. Jika dari Stasiun Bogor, pengunjung naik angkutan darat smpai di Ciampea.

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP