Gua Embultuk


Masyarakat Blitar, layak berbangga karena Goa Embultuk yang terletak di Desa Tumpak Kepuh Kecamatan Bakung, wisata alam yang kaya stalagtit dan stalagmite, tiada duanya di dunia.Betapa tidak untuk masuk kedalam gua, sudah terhalang lubang yang sempit, harus berjongkok dalam genangan air, dari sungai kecil yang airnya bening, merayap, berenang dan merangkak, hal biasa untuk menuju ke bagian dalam ruangan gua.

Gua Embultuk merupakan sebuah gua alam yang didalamnya penuh dengan stalagmit dan stalaktit. Gua Embultuk terletak di desa Tumpakkepuh, kecamatan Bakung, arah selatan kota Blitar dengan jarak sekitar 40 km. Panjang gua ini sekitar 1500 meter sedang luas dan tingginya sekitar 3 meter. Sepanjang kurang lebih 1,5 km, pesona stalagmit akan membuat anda merasa betah dengan suasana yang mengesankan, suara gemericik air bawah tanah menambah kesan alami. Pengunjung harus memakai lampu petromak dan pakaian ganti. 

Gua Embultuk merupakan satu-satunya gua di Blitar yang menyajikan keunikan stalagmitnya pada para pengunjung. Wisata gua ini selalu ramai dikunjungi oleh banyak turis, terutama pada liburan sekolah, dan jalan menuju gua ini pun telah direnovasi sehingga dapat dilalui kendaraan roda empat. 
("Wisata Malang")

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP