Gua salukang Kallang


Gua  salukang Kallang adalah gua yang terletak di Kappang,  Kabupaten Maros, provinsi Sulawesi Selatan.  Kabupaten ini di kenal dengan  keindahan alamnya, banyaknya gua dan tebing tebing yang menjulang indah serta berbagai macam peninggalan-peninggalan sejarah  dari  zaman purba kala.kabupaten maros mempunyai tempat

Sistem pergoaan goa Salukang Kallang merupakan yang terpanjang di Sulawesi dengan panjang 22 km, sedangkan Leang Pute Merupakan goa terdalam di Indonesia dengan kedalaman 260 m - 280 m atau dapat disetarakan dengan 2 kali tinggi Monas. Goa Sallukang Kallang merupakan goa yang memiliki lorong-lorong yang sangat besar, selain lorongnya yang besar didalam goa ini juga terdapat sungai bawah tanah dengan aliran yang deras. Sungai ini merupakan sumber air utama masyarakat di Kota Makassar.

Terdapat berbagai macam ornament yang ditemukan dalam penelusuran goa di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung. Antara lain adalah gordam, gordin, stalagtit, stalagmite, sodastaw, dan berbagai macam ornament lainya. Pembentukan ornament membutuhkan waktu beratus-ratus tahun lamanya agar menjadi indah seperti yang dilihat saat ini. Saat ini keberadaan ornament-ornament tersebut sangat terancam dari kehancuran. Jika dipelajari lebih dalam, kehidupan didalam goa adalah sesuatu yang sangat unik. Berbagai macam biota goa dapat beradaptasi dan berevolusi menyesuaikan kondisi lingkungannya.


Aliran sungai bawah tanah yang terdapat di goa Sallukang Kallang merupakan sumber air utama yang biasa digunakan sebagai konsumsi. Baik oleh masyarakat ataupun pemerintah melalui PDAMnya. Keberadaan sungai bawah tanah tersebut patut dijaga kelestariannya. Tidak hanya sistem pergoaannya, namun juga vegetasi diatas system pergoaan tersebut. Dengan adanya vegetasi yang bagus maka sistem tata air pergoaan pun teratur dengan sendirinya.

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP