Berwisata ke Sungai Batanghari di Provinsi Jambi


Jika Anda berkunjung ke kota Jambi di provinsi Jambi, maka tidak berkesan rasanya jika belum menikmati keindahan Sungai Batanghari, sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Dengan panjang 3.322 km yang berhulu di Sumatera Barat, dan hilir di muara pantai timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Provinsi Jambi, ternyata Sungai Batanghari menyimpan potensi wisata yang menarik.

Sungai Batanghari banyak menyimpan nilai sejarah. Sebagai pusat pelayaran dan perdagangan pada zaman Kerajaan Sriwijaya dan Melayu, maka Sungai Batanghari memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat pada zaman itu sampai dengan saat ini.

Para pedagang waktu itu yang berasal dari Arab maupun China, selain menggunakan Sungai Batanghari ini sebagai jalur transportasi dan berdagang, mereka juga menjadikan alur Sungai Batanghari sebagai tempat peristirahatan. Para pedagang itu sambil berdagang juga menyebarkan agama Islam dan Budha di Jambi. 

Sebagai jalur transportasi, maka hasil-hasil pertanian dan perkebunan masyarakat Jambi yang berada di bagian hulu seperti Kabupaten Bungo, Tebo, Merangin, Sarolangun, Batanghari, dan Muarajambi diangkut ke Kota Jambi bahkan ekspor karet ke Singapura menggunakan jalur transportasi sungai tersebut.

Di sekeliling sungai ini ada juga perumahan yang dihuni oleh Penduduk asli Jambi, dan untuk menuju ke komplek perumahan Sungai Batanghari, Anda bisa menggunakan perahu kecil yang disebut Dayung.

 Dengan potensi yang besar, sebagai sungai terpanjang di Pulau Sumatera, memiliki catatan sejarah Kerajaan Sriwijaya dan Melayu, banyaknya potensi alam yang bisa dikembangkan di sepanjang bantaran sungai, maka Sungai Batanghari ini dapat dikembangkan menjadi obyek pariwisata yang memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat yang bermukim di sepanjang bantaran sungai.

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP