Tata Mandong - Tokoh Lingkungan


Tata Mandong, sosok laki-laki renta yang paling setia hidup sendiri di sebuah lembah kaki gunung Bawakaraeng . Lembah itu bernama lembah Ramma, dikeliling dinding tebing terjal, dataran diselimuti hamparan rumput hijau serta sungai yang meliuk dan airnya tak pernah diam sepanjang waktu. Komitmetnya untuk menjaga lingkungan tidak diragukan lagi, Beliau rela meninggalkan desanya dan memilih tinggal di Lembah tersebut.

Kecintaan Tata Mandong terhadap Gunung Bawakaraeng membuatnya harus mengambil keputusan dan mengabdikan seluruh hidupnya untuk menjaga kelestarian kawasan pegunungan itu. Hampir setiap hari beliau menanam bibit pohon yang sebelumnya telah disemai di halaman rumahnya, dengan harapan nantinya pohon-pohon tersebut dapat mencegah terulangnya kembali kejadian longsor yang terjadi pada tanggal 26 Maret 2004 yang lalu. Kejadian tersebut merupakan Panen Bencana di kawasan Gunung Bawakaraeng, dimana menewaskan 32 orang, serta mengubur 12 rumah dan 430 hektar lahan.

Selain keakrabanya dengan alam, Tata Mandong juga sangat akrab dengan rekan-rekan pendaki yang berkunjung ke lembah tersebut. Bahkan tak jarang juga beliau terlibat dalam tim rescuer apabila ada pendaki yang tersesat atau mengalami masalah di area gunung bawakaraeng.
Begitu mulianya pengabdian beliau dan sangat layak untuk mendapatkan penghargaan dari pemerintah. (che-cep)


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP