Arung Jeram Cikandang


Panjang sungai yang sering dipakai sebagai daya tarik wisata arung jeram ini + 28 km dengan lebar 5-8 m. Kualitas lingkungan dan kebersihan di sungai Cikandang ini tergolong baik karena kawasan wisata arung jeram ini masih sangat alami.

Rata-rata tinggi arus di Sungai Cikandang 1-2 m, sehingga merupakan sesuatu yang menantang dalam kegiatan arung jeram. Flora tepi sungai yang dominan adalah pohon kelapa, kayu albasiah, bambu dan kayu hutan lainnya, sedangkan di sepanjang tepi sungai terdapat fauna seperti monyet dan beberapa jenis burung. Tingkat visabilitas di kawasan ini bebas dikarenakan masih alami, dan tingkat kebisingan rendah.

Aktivitas yang dapat dilakukan di kawasan ini antara lain arung jeram dan menikrnati pemandangan sungai. Aspek legalitas dan kebijakan objek wisata ini masih dalam proses pengaturan di tingkat Pemda Kabupaten Garut, sedangkan pengelolaan dilakukan oleh pemerintah daerah dan pihak swasta. Sejauh ini apabila ingin melakukan kegiatan arung jeram di sungai Cikandang, pengunjung tidak dipungut biaya, cukup meminta ijin ke Kecamatan Pekenjeng.

Lokasi:  Desa Sukamulya, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut
Koordinat : 7 27' 30" S, 107 41' 59" E

Arah:  Objek ini bejarak 36 km dari pusat pemerintahan kecamatan, dan alat transportasi yang dapat dipakai untuk mencapai objek ini selain kendaraan pribadi adalah mikro bus jurusan Garut Pameungpeuk. Kecamatan Pakenjeng ini memiliki jalan propinsi sepanjang 25 km, jalan Kabupaten sepanjang 17 km dan jalan desa 126 km.   
("Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat")

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP