Gunung Mad


Untuk mencapai lokasi ini tidak terlalu sulit, dari Bandara palu atau pelabuhan pantoloan Palu anda tinggal melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus, sekitar 6 jam menuju Desa Pinedapa di Kecamatan Poso pesisir kabupaten Poso.

Rute pendakian dimulai dari Desa Pinedapa Kecamatan Poso Pesisir. Rute pendakian gunung berketinggian 2535 mdpl ini termasuk panjang dibanding pendakian ke beberapa gunung lainnya di Sulteng, terlebih lagi bila dibandingkan dengan rute pendakian gunung di pulau Jawa, hal ini dikarenakan titik start pendakian di mulai dari desa pesisir yang ketinggiannya sekitar 10 m dpl. Selain itu posisi Gunung Mad yang di kelilingi oleh bukit dan barisan pegunungan Balingara menambah panjang lintasan dan tingkat kesulitan.

Salah satu pesona yang sangat luar biasa di gunung ini adalah Danau Tanamorambu yang terletak di ketinggian 2100 mdpl, ini mengingatkan kita pada Gunung Rinjani dengan danau Segara Anak. Namun di danau ini suasana alamiahnya sangat kental dikarenakan jarang didatangi oleh manusia. Lokasi danau yang tidak jauh dari jalur pendakian membuat lokasi danau ini bagus dijadikan lokasi beristirahat (camp) sebelum maupun sesudah Puncak.

keindahan alam lainnya yakni flora dan faunanya, sering kali pendakian ke gunung ini kita bisa menyaksikan berbagai fauna endemik misalnya Anoa, Tarsius dan Burung Allo yang kerap melintas sepanjang perjalanan. di puncak gunung ini terdapat tringulasi dan dari sini anda bisa menyaksikan keindahan teluk tomini atau lembah napu di kejauhan.

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP