Sungai Serayu



Kali Serayu atau Sungai Serayu adalah salah satu obyek wisata alam di Jawa Tengah. Hulu sungai ini berada di Dataran Tinggi Dieng yang dikenal dengan nama mata air Tuk Bima Lukar atau mata air Bima Lukar. Sungai ini bermuara di Kabupaten Cilacap, di laut Samudra Hindia. 

Anak sungai Serayu yang besar adalah Kali Klawing, Sungai ini berhulu di Gunung Slamet. Sepanjang alirannya Sungai Serayu meleati enam kabupaten kabupatn Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Cilacap. Sungai Serayu juga dijadikan tema dalam lagu kerondong “Di Tepinya Sungai Serayu”.

Sungai serayu menjadi salah satu penghidupan Masyarakat. Keberadaan sungai tersebut menjadikan lahan-lahan disekitar lebah sungai serayu mnjadi lahan prtanian yang subur dan makmur. Air yang Jernih, Riam yang menantang di bagian hulu menjadikan Sungai ini sangat potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu tujuan wisata yang menarik. Dari Hulu sampai Hilir, Sungai serayu juga banyak memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, Selain menyuburkan Sektor pertanian, Sungai Serayu juga menghasilkan bahan-bahan material, maka tidak heran jika kita menjumpai banyak penambang pasir dan batu di aliran sungai ini. 

Sungai Serayu yang Jernih di bagian Hulu sangat menarik untuk dikunjungi. Saya adalah salah satu anak yang ketika kecil dulu menjadi salah satu Bolang “Bocah petualang di sungai serayu”. Sering kali saya berenang bersama para sahabat pena saya di sungai serayu yang indah ini. Ada tempat-tempat tertentu yang dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama Kedung. Sebuah tempat aliran air yang dalam, tempat in dapat dimanfaatkan sebagai tempat berenang. Di pinggir sungai bangak dijumpai tebing-tebing yang tinggi sangat mengasikkan sebagai tempat untuk terjun lepas di atas permuakaan air yang tenang dan dalam. Aksi Ekstrim ini jangan di tiru ya, karena cukup berbahaya
Rekreasi dan Berolahraga 
Panorama yang indah, Tebing-tebing yang unik dan Ekstem menjadikan sungai ini terasa sangat istimewa. Dulu, di tempat ini kita bisa menyelusuri sungai serayu menggunakan Getek (kapal rakit dari bambu). Sekarang, seiring dengan perkembangan jaman, potensi Sungai Sungai Serayu juga dimanfaatkan sebagai tempat bermain Arung Jeram. Aliran sungai yang Ektrem dan unik ini menjadikan sungai serayu sebagai tempat berwisata Arung Jeram. Sungai Serayu juga pernah dijadikan sebagai Event Arung Jeram baik Nasinal sampai Internasional. Dengan keberadaan itulah, menjadikan sungai serayu sekarang menjadi sangat terkenal.

Tidak hanya bermain Arung Jeram, Lembah Sungai Serayu serayu juga dapat digunakan sebagai Area Wisata Out bound dan Camping  
Festival Sungai Serayu
Festival Sungai Serayu yang menjadi Festival tahunan dekenal dengan nama Grebeg Suro. Tradisi Grebeg Suro yang masih di jalankan oleh masyarakat  Banyumas ini biasa dilaksanakan di bulan 1 Muharram, Istilah Jawa Banyumasannya adalah Siji Sura. Tradisi ini dilakukan dengan mengarunggan sebuag Gunungan yang berisikan hasil-hasil pertanian masyarakat penduduk sekitar seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. 
Event dan Pertunjukan
Disungai serayu masih adalagi sebuah event yang sangat menarik. Di Festival ini kita dapat menonton perayaan lomba balap prahu, Permainan-permainan, festifal layang-layang dan prtunjukan lainnya. Acara Seni kebudayaan yang melekat bagi masyarakat sekitar penduduk Sungai Serayu adalah Pertunjukan Kuda Lumping, dan pertunjukan Wayang Kulit sampai semalam suntuk. Pertunjukan ini diterapkan dalam rangka mempromosikan Sungai Serayu sebagai tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. 
Source : Natural and Adveture   

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP