Jeneberang


Sungai Jeneberang adalah salah satu sungai terbesar di Sulawesi Selatan dengan panjang sekitar 90 km, berhulu di Gunung Bawakaraeng dan bermuara di selat Makassar. Di tepian DAS nya terletak situs benteng Somba Opu.

Benteng Somba Opu disebut William Wallace sebagai benteng terkuat di Nusantara pada masanya. Benteng ini adalah saksi kegigihan Sultan Hassanudin, 'Sang ayam jantan dari timur' dalam mempertahankan negerinya dari penjajahan.

Sekarang akibat naiknya sedimentasi dari laut, benteng tersebut terpendam kedalam tanah. Upaya ekskavasi dan penelitian terus dilakukan untuk menyingkap dan mempelajari sejarah.

Sejarah memang diperlukan sebagai dasar untuk menjalani kehidupan masa sekarang dan yang akan datang, setidaknya sebagai sumber identitas dan kebanggaan.

Namun sayangnya situs ini telah mengalami perusakan akibat rencana pemangunan taman wisata. Ironisnya, pembangunan ini malah diprakarsai oleh pemerintah daerah sendiri yang berkolaborasi dengan pengusaha lokal. Bahkan saat penggalian fondasi, beberapa artifak yang belum terekskavasi rusak atau hancur.

Kabar terakhir yang saya dengar pendirian taman wisata ini sudah dihentikan, namun kerusakan sudah keburu terjadi, Makassar seolah dicabut akar sejarahnya secara paksa.

Sungai Jeneberang yang tertutup tanaman eceng gondok, tulisan-tulisan di jembatan benteng Somba Opu dan daerah sekitar situs, menurut saya benar-benar menggambarkan keadaan ini. ("deyoyok")

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP