Air Terjun Lembah Anai Padang Panjang


Air terjun Lembah Anai terletak di pinggir jalan yang menghubungkan Kota Padang dan Kota Bukittinggi, Air terjun ini termasuk ke dalam kawasan konservasi cagar alam Lembah Anai, keindahan panorama yang dipancarkan Air Terjun Lembah Anai dengan “citra alam” merupakan sebagai salah satu ikon pariwisata di provinsi tersebut.

Sumber Air Terjun Lembah Anai berasal dari Gunung Singgalang. Airnya yang jernih mengalir menyusuri perbukitan menuju lereng, lalu mengalir terus melewati cagar alam Lembah Anai sebelum sampai di tepi tebing yang curam. Dari tebing ini, aliran air kemudian terjun ke dasar lembah yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan membentuk kawah tempat air berkumpul. Air terjun yang berkabut air membentuk gugusan indah yang berwarna-warni ketika disinari oleh cahaya mentari. 

Sebelum sampai di lokasi, dari Kota Padang maupun Kota Bukittinggi akan melewati jalan yang berkelok-kelok dengan pemandangan yang indah. Di sebelah kanan dan kiri jalan, tampak lembah dan bukit yang menghijau ditumbuhi aneka pohon. terkadang bermunculan monyet-monyet yang berkeliaran .

Air Terjun Lembah Anai terletak di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, Indonesia.

Dari Kota Padang, perjalanan dapat ditempuh selama lebih-kurang 1 jam menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.

Selain keindahan air terjunnya Lembah Aai juga memiliki cagar alam yang sama indahnya. Cagar Alam Lembah Anai merupakan salah satu kawasan hutan lindung yang terdapat di Sumatra Barat. Kawasan ini memiliki hamparan hutan hujan tropik yang lebat dengan aneka ragam jenis flora dan fauna. Hutan yang terletak di jalan raya menghubungkan Kota Padang—Bukittinggi ini, ditetapkan sebagai kawasan konservasi cagar alam semenjak Kolonial Belanda.

Keindahan alam, kekayaan flora dan fauna langka. Keindahan alam yang dapat disaksikan, yaitu tiga air terjun dan satu telaga yang airnya berwarna kebiru-biruan. Salah satu di antaranya terletak di pinggir jalan yaitu Air Terjun Lembah Anai. Sementara dua air terjun lainnya tertutup oleh lebatnya hutan, dan dapat ditempuh perjalanan sekitar 15 menit dari lokasi Air Terjun Lembah Anai. Keindahan panorama telaga sekitar 15 menit dari tepi jalan raya.  ("Get Lost In Minang Land")

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP