Liang Bua

Gua Liang Bua terletak di Pulau Flores, tepatnya di dusun Rampasasa, Desa Liang Bua, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Gua Liangbua yang berarti mulut naga, terletak sekitar 15 km utara Ruteng.

Gua Liang Bua diperkirakan mulai terbentuk sekitar 190.000 tahun yang lalu. Hal ini berdasarkan uji laboratorium terhadap sampel sedimen di pojok selatan gua. Diperkirakan gua ini terbentuk dari arus sungai yang membawa bebatuan menembus gundukan bukit. Setelah melalui proses panjang, bebatuan itu menjadi batuan sedimen. Situs Gua Liang Bua merupakan salah satu situs arkeologi penting tingkat dunia.

Di gua ini terdapat situs arkeologi tempat ditemukannya fosil Homo Florensis (Manusia Flores) yang mempunyai tinggi badan sekitar 100 cm dengan berat hanya 25 kg. Fosil-fosil tengkorak tersebut diduga berasal dari suatu spesies manusia yang tumbuh tidak lebih besar dari kanak-kanak berusia lima tahun. Manusia kerdil yang memiliki tengkorak seukuran buah jeruk ini diduga hidup 13.000 tahun lalu bersama gajah-gajah pigmi dan kadal-kadal raksasa seperti Komodo. Temuan ini diakui sebagai spesies baru yang kemudian dinamakan Homo Florensis.

Liangbua ditemukan pada tahun 1950 secara tak sengaja atas jasa pastor Th Verhoeven SVD, yang tahun 1950 mengemban tugas pastoral di sini. Gua yang cukup besar (18 x 25 m2) semula digunakan sebagai ruang sekolah. Setelah ada murid, kegiatan belajar-mengajar pun berlangsung. Suatu saat Verhoeven menemukan tanda-tanda dan benda-benda aneh, sehingga dia kemudian masuk lebih ke dalam gua. Dari sinilah mulai ditemukan benda peninggalan seperti gerabah, batuan alat kerja masa lalu. Kemudian ditemukan pula alat dari batu, kerang, tulang, periuk utuh, rangka manusia, dan pecahan gerabah. Verhoeven kemudian melaporkan temuannya itu ke Pusat Penelitian Purbakala dan Peninggalan Nasional di Jakarta. Lembaga ini lalu meneliti, dan sejauh ini sudah delapan kali melakukannya berturut-turut sejak tahun 1976.  ("Indonesiaku")

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP