Air Terjun Bawah Tanah Gua Seropan

Gua Seropan, terletak di Desa Semuluh , kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Gua seropan berada sekitar 45 km sebelah timur Jogja. Goa ini merupakan salah satu goa yang cukup besar yakni dengan panjang sekitar 888 meter dan kedalaman 63 meter. Dengan kondisi ini, Goa Seropan sering menjadi tujuan para pecinta alam untuk melakukan petualangan di perut bumi.
 
Pintu gua terletak pada titik terendah dari sebuah lembah yang tertutup. Jalan yang menuju ke pintu gua terjal diatas batu yang licin. Setelah itu lorongnya beratap rendah sampai kemudian melewati suatu ruangan yang lebih besar. Bagian lorong berikutnya dasar lantainya berair dan berlumpur hingga selutut.  Panjang lorong ini sekitar 211 meter pada percabangan lorong, ke sungai bawah tanah yang memiliki debit air sangat besar lebih dari 750 lt/dt di musim kemarau. Salah satu keindahan di dalam goa ini adalah adanya air terjun setinggi kurang lebih 7 meter. Sampai saat ini belum diketahui kemana air terjun itu selanjutnya mengalir. Dan tentu saja, stalagtit dan stalagmit yang terbentuk selama ribuan tahun menjadi satu keindahan yang luar biasa.

Di dalam Gua Seropan sejauh ini baru terdata 2 air terjun (yang satu setinggi 7 meter, yang satu lagi 30 meter). Sampai dengan saat ini aliran sungai tersebut belum diketahui ujungnya. Jadi masih dimungkinkan terdapat air terjun-air terjun yang lain sepanjang alirang sungai di Gua Seropan tersebut.
 
Pada tahun 2012 nanti akan dilaksanakan Proyek IWRM (Proyek Kerjasama antara Pemerintah Jerman dengan Indonesia) yang merupakan proyek lanjutan dari Proyek Bribin. Salah satu kegiatan Proyek IWRM adalah pembangunan turbin mikrohidro di Gua Seropan untuk mengangkat air dari dalam tanah dan dialirkan ke masyarakat.  ("Plat Jogja")

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP