Gua Surowono

Gua Surowono merupakan sebuah gua atau lorong bawah tanah yang di dalamnya mengalir sebuah sungai yang airnya sangat jernih. Gua Surowono ini berada di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, yang konon merupakan sistem kanal, bagian dari Candi Surowono, yang telah ada sejak jaman Kerajaan Kediri.

Setelah meninggalkan Candi Surowono, kami mengarah ke barat sejauh 280 meter dan berbelok ke kanan pada sebuah pertigaan. Setelah menyusuri jalan sejauh 450 meter, kami berbelok lagi ke kanan di pertigaan pada GPS: -7.742187,112.216761, lalu berhenti di sebuah rumah dengan penanda sederhana bertuliskan Gua Surowono. Setelah turun dari kendaraan, kami pun berjalan kaki melalui jalan setapak di samping rumah dan beberapa saat kemudian sampailah kami di lokasi lubang Gua Surowono, pada GPS: -7.74240, 112.21720. 
Sebuah papan yang berisikan “Tata Tertib’ dengan tulisan tangan bagi para pengunjung Gua Surowono dengan isi yang cukup menggelitik, namun patut dibaca, terutama informasi yang berhubungan dengan keselamatan para pengunjung.

Lubang masuk ke Gua Surowono ini berada di sebuah sumur yang berada sekitar 5 meter di bawah permukaan tanah dengan genangan air jernih setinggi perut. Di atasnya terdapat gerumbul pohon bambu yang menaungi jalan masuk ke Gua Surowono itu. 

Jalan setapak menuju pintu sumur Gua Surowono yang cukup curam, dan tampaknya cukup licin di musim penghujan. ("The Aroebinang Travelog")



  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP