Gunung Sojol


Cagar Alam Gunung Sojol terletak di Kabupaten Donggala dan Kabupaten Tolitoli Serta Parigi Moutong. Kawasan konservasi ini menempati lahan seluas 64.448,71 hektar. Diresmikan sebagai cagar alam berdasarkan Surat Keputusan Menhutbun No. 339/Kpts-II/1999, 24 Mei 1999. Nama Sojol diambil dari nama Gunung di kawasan ini yang merupakan gunung tertinggi di Propinsi Sulawesi Tengah. 

Untuk menuju kawasan ini, jalur terdekat dapat dicapai dari desa-desa di Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggala yang berjarak kurang lebih 125 kilometer arah utara kota Palu. Areal cagar alam ini kerap dijadikan lokasi hiking, pendakian serta penelitian. Kawasan ini dikenal dengan keragaman biodeversitinya antara lain tumbuhan Ebony atau kayu hitam, rotan serta hewan Anoa, Rangkong dan lainnya. 

Gunung Sojol 3025 mdpl merupakan Gunung tertinggi di propinsi Sulawesi Tengah, kondisi medan yang sangat alami juga menyulitkan para pendaki, pendakian ke Sojo bukan sebatas trekking atau hiking saja, jarangnya pendakian ke gunung ini menyebabkan setiap pendaki harus membuka/merintis jalur sendiri, termasuk menentukan arah lintasan yang akan ditempuh, ditambah dengan kondisi hutan tropis yang sangat rapat.

Selain menikmati panorama alam yang indah, anda juga dapat menyaksikan kehidupan Masyarakat Lauje yang mendiami kawasan ini, kehidupan mereka yang bersahaja beserta kearifan budaya yang mereka miliki kerap menarik minat para antrhopolog dalam dan luar negeri.




  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP