Air Terjun Sipiso-Piso Sumatra Utara


Kita mungkin sudah sering melihat air terjun di beberapa daerah, yang mana kondisi dan keadaannya tampak seperti biasa. Namun ada air terjun  yang kondisi dan keadaannya berbeda dengan air terjun kebanyakan yang pernah kita lihat, yaitu air terjun sipiso-piso.

Air Terjun Sipiso-piso, airnya yang mengalir terjun ke bawah bukan dari aliran sungai atau sejenisnya, melainkan dari mata air (air dalam tanah) yang mengalir dan menyembur dari sela-sela bukit atau tebing yang tinggi. Inilah yang membedakan air terjun sipiso-piso dengan air terjun yang lain.Air Terjun Sipiso-piso merupakan sebuah kawasan wisata alam yang terletak di ujung paling barat Danau Toba tidak jauh dari permukiman masyarakat Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara. Dapat dibilang, mengunjungi desa ini tidak berbeda dengan berwisata ke Air Terjun Sipiso-piso. Secara geografis, Desa Tongging berada di dataran lebih rendah, sementara Air Terjun Sipiso-piso terletak di perbukitan yang lebih tinggi dari Desa Tongging. Air terjun ini berada di ketinggian lebih kurang 800 meter dari permukaan laut (dpl) dan dikelilingi oleh bukit yang hijau karena ditumbuhi hutan pinus.

Nama air terjun ini memiliki makna yang khas, bahwa Sipiso-piso berasal dari piso yang artinya pisau. Derasnya air-air yang berjatuhan dari bukit berketinggian di atas seratus meter ini diperumpamakan layaknya berbilah-bilah pisau yang tajam. Selain itu, jurang yang curam jika dilihat dari puncak bukit membuat orang setempat menyebutnya piso dari Tanah Karo.  
("Muslimin")

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP