Rafting di Sungai Elo

Bagi pecinta wisata olahraga petualangan dapat mencoba arum jeram atau rafting di sungai Elo, Magelang. Di Jogja, para pecinta arung jeram profesional, biasanya memuaskan hasrat petualangannya dengan pergi ke Sungai Progo yang letaknya di Kabupaten Kulonprogo. Namun, jeram di Sungai Progo terlalu berbahaya bagi para pemula. Nah, untuk lebih amannya, kamu bisa coba rafting di Sungai Elo yang memang sudah masuk wilayah Kabupaten Magelang, namuni masih relatif dekat dari Yogyakarta. Lokasi dapat ditempuh sekitar 1,5 jam menggunakan sepeda motor. Sedangkan anda dapat reservasi sewa motor di Jogja melalui situs jogjawae.com. Setelah sampai lokasi, anda dapat menikmati olahraga arung jeram di sungai ini dengan tingkat kesulitan jeram 2 sampe 3, dengan jarak tempuh 13 km yang bisa dicapai antara 2-3 jam.

Kalau ingin coba petualangan yang satu ini, kamu bisa datang ke tempat start-nya, yakni di Jembatan Blondo, Magelang. Di tempat ini ada pengelola yang bisa kamu temui. Setelah bayar biayanya, kamu akan dimasukkan ke dalam satu tim yang berisi 5-6 orang untuk satu perahu karet. Setelah itu operator akan menyiapkan semua peralatan. Sebelum beraksi, ada pemandu yang akan memberikan pengarahan tentang aturan-aturan pengarungan. Kita juga diajari cara pegang dayung, fungsi peralatan, hingga penyelamatan diri sendiri. Lalu peserta melakukan pemanasan bersama-sama tim. Finish pengarungan berada di dekat Candi Mendut yang merupakan tempat pertemuan dengan Sungai Progo. Tempat finishnya beruba tanah datar, yang berjarak sekitar 1 km dari Candi Mendut.

Lokasi : Sungai Elo, Kec. Mendut, Kab. Magelang.
Tiket peserta : Rp. 150.000,- per orang.
Fasilitas : perahu karet, alat-alat pengaman arung jeram (meliputi pelampung, helm, dayung), jasa pemandu (river guide), makanan ringan, asuransi jiwa, transportasi peralatan.
Akses : dari Jl. Magelang menuju arah Candi Mendut.

TIPS : Syarat untuk jadi peserta arung jeram atau rafting di sungai Elo ini, harus cukup umur dewasa dan sehat jasmani. Selama melakukan olahraga ini, alangkah lebih baik dan aman jika kamu menggunakan peralatan dengan standar prosedur arung jeram.  ("Jogjaware")

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP