Berpetualang di Sungai Poso


Sungai Poso, sungai terpanjang di Sulawesi Tengah memiliki daya tarik yang luar biasa bagi pecinta wisata petualangan. Hulu sungai ini terletak dari Danau Poso, membentang membelah pegunungan Poso  dengan panjang sekitar 200 kilometer.

Keberadaannya dijadikan pusat kehidupan penduduk lokal. Hal tersebut karena hutan disepanjang sungai Poso masih lebat terjaga, begitupun Danau Poso.Bahkan sebuah PLTA telah didirikan di daerah tersebut.

Menurut salah seorang penduduk, Tutur, sungai ini sangat menopang kehidupan penduduk di sepanjang tepian jalurnya karena tidak pernah kering dan masih bersih.


“Debit Sungai poso tidak pernah surut apalagi hingga mengering, meskipun musim kemarau datang” ujarnya.


Air sungai yang mengalir dari Danau Poso dengan ketinggian 350 mdpl menjadikan sungai ini pada tempat-tempat tertentu sangat cocok untuk petualangan arung jeram dan riverboarding.Bahkan di beberapa tempat, bisa dikatakan ekstrim kondisinya. Cocok untuk berpetualang, menyusuri sungai membelah pegunungan nan lebat serta alam yang memacu andrenalin .


Ada cara lain menikmati keindahan sungai Poso, menjelajah sungai dan menyantap makanan hasil sungai adalah segelintir cara menikmati kota yang dulu pernah heboh dengan konflik SARA. Anda tertarik untuk mencari cara lainnya?. ("
himpalunas")

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP