Saat Mendaki Gunung Jangan Petik Bunganya, Tapi Petik Pelajaran dan Hikmanya



Berikut sebgaian kecil  dari banyaknya Pelajaran & Hikma yang dapat dipetik dalam perjalanan mendaki gunung:

Menikmati keindahan & kedamaian,  Manusia dengan segala penat & masalahnya pasti membutuhkan suasana untuk menyegarkan pikiran di tempat yang tenang.  Gunung dengan keindahan, ketenangan dan kedamaian yang dimilikinya adalah salahsatu alternatif untuk kembali menyeimbangkan kondisi pikiran & hati yang mungkin sedang tidak seimbang karena aktivitas sehari-hari di kota.

Melatih Manajemen, Pendakian membutuhkan penerapan manajemen yang matang, diantaranya manajemen waktu, logistik, alat, medan, dll.  Manajemen dalam pendakian sangat perlu diperhatikan, karena berpengaruh besar bagi kenyamanan, keselamatan, bahkan kualitas/hasil perjalanan. Selain itu, manajemen pendakian berguna untuk mencegah resiko atau kejadian-kejadian yang tidak diinginkan agar tidak terjadi selama proses perjalanan tersebut berlangsung.

Olah Mental, Sebenarnya seorang pendaki sejatinya memiliki mental yang sangat baik. Berbagai tantangan yang berat pasti dihadapinya, loyalitas dan kebersamaan dikedepankan, dan sifat egoisme di kesampingkan, sehingga dalam hal ini pendakian bukanlah puncak yang menjadi terpenting, namun yang terpenting adalah proses mengalahkan ego dari diri sendiri. 

Belajar & Menikmati Kebersamaan, dalam kebersamaan tersebut melahirkan cerita-cerita manis yang menjadi kenangan, bahkan rasa rindu itu selalu ada untuk kembali berada dalam suasana seperti itu.  tidak ada rasa bosan untuk mengulanginya, sehingga banyak juga yang menjadikan tradisi dalam waktu-waktu tertentu.

Perjalanan Cinta, sebagian mengatakan puncak hanyalah bonus, sedangkan kembali pulang dengan selamat adalah tujuan dari sebuah perjalanan yang merupakan harga mati dan bebar-benar harus ditebus. Yakin bahwa Tuhan lebih dekat dari nadi kita sendiri, pada saat mendaki dan saat memeluk ubun-ubun gunungNYA, seakan Tuhan pun meninabobokan kita dalam timanganNYA, mengenal alam dan medekat pada semsesta milikNYA adalah simbolisasi betapa kita pun ingin mengenal DIA dan mendekat padaNYA.


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP